Asal usul lukisan Nabi Muhammad saw

Bertahun-tahun diterbitkan gambar yang disebut sebagai gambar masa mudanya Nabi Muhammad saw di Iran. Masyarakat Iran di samping menunjukkan rasa suka terhadap gambar itu, mereka juga mempertanyakan keabsahannya. Sebagian menyebutkan bahwa gambar itu dilukis oleh pendeta Buhaira yang sempat mengiringi Nabi Muhammad saw bersama pamannya ke Syam. Pada kenyataannya, banyak yang meragukan jawaban ini.

Tulisan berikut ini adalah usaha untuk mencari sumber asli gambar masa muda Nabi Muhammad saw. Para penulis berusaha mengargumentasikan dari mana asal gambar itu. Namun, kelihatannya, masalah ini senantiasa terbuka untuk dijadikan kajian.

Tulisan ini adalah hasil terjemahan yang dilakukan oleh Rasul Ja’fariyah dari makalah yang judul aslinya The Story of Picture Shiite Depictions of Muhammad, Pierree Centlivre & Micheline Centlivres-Demont dalam majalah ISIM Review 17, Spring 2006, hal 18-19.

Syiah Iran punya pengalaman yang cukup panjang dalam menggambarkan keluarga Nabi Muhammad saw dan Nabi sendiri. Pada akhir-akhir dekade 90 –an poster yang menggambarkan wajah Nabi Muhammad saw di cetak di Iran dan menjadi salah satu poster terlaris. Dalam poster itu menggambarkan wajah masa muda dari Nabi Muhammad saw.

Saat ini, poster ini dicetak dengan mempergunakan teknologi modern dengan alat dan teknik yang beragam. Sekalipun demikian, struktur gambar masih mempertahankan gaya tradisionalnya. Warna yang dipakai masih mempertahankan kesederhanaan. Namun, tetap saja memiliki kelebihan yang membedakannya secara mudah dari gambar yang lain seperti pedang Ali as yang memiliki dua mata.

Penggambaran yang akan kami bawakan berbeda dengan penggambaran sebelumnya. Gambar seorang pemuda tampan, mata sendu dan wajah yang menenangkan hati mengingatkan orang akan gambar-gambar di zaman Renaisan. Terutama gambar-gambar tentang pemuda yang dilukis oleh Caravagio seperti lukisan Boy Carrying a Fruit Basket yang berada di galeri Borghese, Roma dan lukisan Saint John The Baptist di museum Capitole. Kelembutan bak beludru, mulut yang setengah terbuka dan tatapan sendu.

Sekalipun ada beberapa naskah dari gambar ini, namun semuanya menunjukkan kesan muda dan di bawahnya tertulis “Muhammad Rasulullah”, bahkan sebagian memberikan informasi lebih detil tentang periode kehidupan Nabi ketika lukisan ini dilukis serta sumber lukisan sekaligus.

Penemuan menarik

Pada tahun 2004, ketika menyaksikan pameran foto dua orang seni rupa Lehnert dan Landrock, secara tidak disengaja akhirnya tersingkap juga sumber poster Iran itu. Itu dapat dilihat di foto Lehnert sepanjang tahun 1904-1906 yang diambilnya di Tunisia. Foto ini kemudian pada dekade 20 –an dicetak dalam kartu ucapan selamat.

Radolf Franz Lehnert (1878-1948) adalah warga negara Chekoslowakia sekarang. Pada tahun 1904 bersama Ernst Heinrich Landorck (1878-1966) berkebangsaan Jerman, bersama-sama menuju Tunisia. Lehnert sebagai fotografer dan Landrock sebagai penerbit dan direktur. Tahun sebelumnya, Lehnert pernah tinggal sebentar di Tunisia. Saat itulah ia jatuh cinta dengan alam di sana dan penduduknya. Keduanya membangun perusahaan L & L yang beroperasi di bidang penerbitan foto-foto dari pemandangan indah Tunisia dan Mesir. Hasilnya adalah ribuan foto dan kartu dengan gambar daerah ini yang dicetak.

Lehnert pernah mengenyam pendidikan di Yayasan Seni Grafis di Vienna. Ia punya hubungan dengan anggota Pictorialist yang menganggap foto sebagai karya seni. Foto-foto Lehnert tidak saja berbicara mengenai gurun pasir, bukit-bukit pasir, pasar dan kawasan penduduk Tunisia, tapi juga foto-foto dari remaja putra dan putri yang umurnya antara anak dan remaja dan masih memiliki wajah antara laki dan wanita. Foto-foto ini biasanya diambil sesuai dengan pesanan pembeli Eropanya. Foto tentang dunia Timur yang memberikan nuansa lain.

Lehnert sangat memanfaatkan kesempatan ini, namun ia juga mengolah kejeniusannya dalam menyiapkan karyanya. Foto-fotonya dicetak dalam bentuk perak, dalam bentuk gambar timbul dan dibuat dalam empat warna. Kebanyakan dari kartu ucapan selamatnya ini dicetak di Jerman sejak tahun 1920 dan disebarkan di Mesir.

Cetakan-cetakan dan teks yang sesuai

Tidak diragukan bahwa kartu yang ditunjukkan dalam bentuk 1, berdasarkan penomoran L & L, nomornya adalah 106 dikenal dengan poster Iran. Yang lebih menarik nama kartu nomor 106 adalah Muhammad. Ini dengan sendirinya dapat menunjukkan mengapa pelukis Iran menjadikannya sebagai model untuk lukisan Nabi Muhammad saw. Tidak ragu lagi, semua naskah yang ada dari foto ini menjadikan foto nomor 106 sebagai contoh dengan perbedaan bahwa naskah pertama lebih sesuai dengan foto yang asli. Dengan demikian, Lehnert tanpa disengaja ditempatkan dalam hati sebuah legenda.

Pertanyaan mengenai hubungan antara wajah Nabi Muhammad saw dan wajah remaja Tunisia belum mendapatkan jawabannya. Lukisan seorang remaja tertawa dengan mulut setengah terbuka, memakai sorban dan bunga melati di telinga. Wajah yang sama dalam kartu yang lain dengan judul Ahmad, seorang remaja Arab dan lain-lainnya.

Kami belum mampu menyingkap perjalanan foto yang dicetak di dekade 20 –an yang sampai di tangan penerbit Teheran dan Qom di dekade 90 –an. Namun, masih ada pertanyaan apa yang menyebabkan penerbit Iran menemukan adanya kesamaan antara wajah Nabi Muhammad semasa remajanya dengan seorang remaja Tunisia?

Sebelum perang dunia pertama, gambar Muhammad di majalah National Geographic pada bulan Januari tahun 1914 dalam sebuah artikel dengan judul “Inja va Anja Dar Shumal Afriqa” (Di sana dan di sini di Utara Afrika), di bawahnya tertulis “Arabi ba Yek Gol” (Seorang Arab dengan sebuah bunga). Pada dekade dua puluhan, kartu seri Tunisia L & L sangat disukai oleh tentara Prancis di Utara Afrika. Pada dekade 80 dan 90 –an banyak buku yang dicetak yang memuat foto-foto ini, namun judulnya bukan Muhammad.

Naskah Iran yang sekarang sudah ada perubahan. Wajah yang menipu itu masih terjaga, namun keindahan wajahnya agak berkurang. Pundak sebelah kirinya agak lebih tertutup dengan kain, mulut dan matanya sudah mengalami perbaikan. Secara umum dapat dikatakan bahwa seniman Iran berusaha untuk mengurangi sisi keindahan foto Lehnert, sehingga foto itu tidak lagi terlalu menarik dan diberikan tambahan agar terlihat sebagai orang suci.

Akar Kristen?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, sebagian tulisan menganggap bahwa hasil karya ini punya hubungan dengan Kristen dan bukan Islam. Masalah ini memberi justifikasi tidak berdosanya seorang muslim melihat wajah Nabi atau melukiskannya. Lebih dari pada itu, orang-orang Kristen menganggap Nabi Muhammad saw sejak mudanya sebagai pribadi yang suci. Kisah pendeta Kristen Katolik atau Ortodoks bernama Buhaira menyimpulkan itu. Berdasarkan kisah itu, pada abad 9 atau 10 Buhaira berusaha mencari Nabi Muhammad saw berdasarkan tanda-tanda yang dimiliki Nabi di antara pundaknya. Nabi akan datang semestinya berkata: “Ketika saya menengok ke langit dan bintang-bintang, saya merasa di atas bintang-bintang”. Ini juga sebuah alasan disebagian gambar Nabi Muhammad saw ada latar belakang bintang-bintang.

Sekalipun sampai saat ini tidak ada penggambaran tentang wajah Nabi Muhammad saw di masa mudanya, namun penggambaran itu ada dalam bentuk dewasanya. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw memiliki kulit putih, mata hitam, alis yang tebal,gGigi teratur dan rambut bergelombang. Bentuk yang digambarkan itu dapat ditemukan dalam poster Iran. Pada hakikatnya ini adalah sebuah gambar dari sebuah gambar lain. Dengan kata lain, pelukis Iran mengambil model Nabi Muhammad saw yang mencerminkan keindahan, keremajaan dan keserasian

148 responses to “Asal usul lukisan Nabi Muhammad saw

  1. Saya tambahkan ya Pak,,,Bibirnya seperti huruf mim (arab), ditengah dagunya ada kelok,,,ini tutur guru ngaji saya yang meninggal tahun 1972,,WA.

  2. gw gak percaya dasar amerika

  3. gw gak percaya tuh gambar rasul dasar amerika sok tau

  4. gw ga percaya bant ma foto itu ,,,cos aku yakin nabi hanya bisa kita liat ntar kalo dah masuk surga,,,,,,

  5. RIFQI ACHMAD FAUZI BAFAGIH

    gw jg gak percaya dasar amerca bangsat

  6. GW PERCAYA KALAU ITU GAMBAR BANCI TAMAN LAWANG .DASAR SOK TAU AMERIKA SIALAN

  7. Sama Gw Jg Gk Percaya,
    Gw Yakin Nabi Muhammad bagai Cahaya dikegelapan dan tk kan da orng yg bisa mnggambarkn keindahan dan ketampanan Nabi Muhammad SAW.

  8. apa benar itu foto nabi muhammad saw?apa iya?

  9. Muhammadun basyaru laa kal basyari balhua kalyakuuti bainal hajari: Nabi Muhammad itu manusia, tidak seperti manusia, akan tetapi dia bagaikan permata diantara bebatuan, jadi menurut pandangan saya secara fisik Nabi Muhammad saw itu manusia tampan biasa, jangan dilebih lebihkan. karena konon ada suatu cerita pada suatu hari ada seseorang yang mau bertemu beliau seseorang tadi meskipun sudah dekat masih saja menanyakan keberadaannya beliau pada para sahabat yang pada waktu itu sedang berkumpul bersama- sama beliau Nabi . cerita ini menandakan bahwa nabipun hampir mirip juga dengan para sahabat sahabatnya secara fisik.dan seandainya ada kelebihan yang luar biasa saya yakin kelebihannya itu ada pada huluqin adziim Ahlak mulia nya kecerdasannya dll.yang patut menjadi suritauladan seluruh umat manusia

  10. Setan aja susah tuk menyerupai wajah nabi muhammad saw. Masak amerika bisa nglukis… berarti benar kalau amerika tuh rajanya setan. Lha wong setan aja bisa kalah.
    Nyebut …but…

  11. gambar butut…….

    hati2 jgn percaya gambar ini ………

    jgn sampai iman kita goyah hanya dengan sekedar melihat lukisan yg ga pasti!!

    klo mau liat nabi muhammad yg sbnr nya banyakin amal soleh

    see u di surga nanti……..

  12. oooii…ngarang aja tu lukisan…

    talk to my hand…

    http://www.centuri-on.org

  13. Muhammad Al-Herza

    Astagfirllah….., setan bgt lo america
    hati-hati
    dengan prbuatan lo
    coz sgala sesuatu perbuatan itu hrz ada tanggung jwbnya coy.
    musnah aja lo america

    ALLAHUAKBAR……3X

  14. udah aja foto ane lo pajang
    dasar amric bgt lo
    kyk g ada krjaan aja…..
    istigfar donk se2X

  15. yg namanya kafir pasti neraka sadar dong
    ini dunia kelak di akhirat tau sendiri luh KAFIR

  16. aduh jangan ngarang deh ntar dosa loh

  17. amerika…amerika… udah mau kiamat kok gak tobat2.

  18. subhanallah.. muhammad .. kekasih Allah..
    sudah sharusnya kita menjaga amanat amanatnya..
    ingat … seorang nabi… skali pun itu kekasih Allah.. beliau itu manusia.. jadi kita harus berusaha lebih berakhlak dari pada rasull.. agar mnjadi orang yang lebih di cintai Allah..
    seseorang yg berakhlak baik pastilah tidak akan sedikitpun percaya dengan LUKISAN ini… kita harus percaya.. pnampilan rasul itu tidak penting.. hanya saja akhlak dan iman nya itu iiang harus kita pandang dalam dalam….

  19. what………..??????
    nabi muhamad, sok tahu!!!!! siapa yg ngebuat sih…??/
    emang dapat wangsit dari mana ??//kuburan pa…………?????//

  20. buat dina dan cuwi :
    kalau saya percaya aja sih, karena dari sejarah beliau kanpernah berjumpa dengan seorang pendeta pada waktu ia pergi berdagang ke syam. jadi orang itu jangan sok tahu dan harus banyak lagi membaca sejarah, supaya kamu gak ngawur.

  21. Bismillahi…..
    Muhammad bukanlah Tuhan, dan dia adalah manusia yang punya wujud. Knapa pula gak bisa digambar….sedangkan SidhartaGautama aja ada gambarnya….Dia hidup sudah lebih lama dari Rosul….Ketika gambar itu dibuat, bukanlah kewajiban bagi kita untuk menyakini 100% itu gambar Beliau….gitu aja koq repot…….

  22. “Asalamualaikum Warrahmatullahi”

  23. alhamdulillah…mirip wajah mu, hehehe

  24. Owwwhhhh Mai Gaauuuuudd !!!!!

    Hasil perenungan, semedi, meditasi bertahun-tahun tuh pelukisnya, dapat wangsit dari otaknya yang kurang dari 600 gram ….. mbekkk

  25. eMh sok tahu . . . . … . . .

  26. dasar setan lo!
    itukan gambar nenek saya lo pajang, kusumpain lo

  27. Rassulullah adalah manusia termulia yg tidak bisa digambarkan melainkan bs dirasakan adanya beliau dalam hati masing2 insan di dunia ini. Lukisan diatas pembodohan belaka agar kita rapuh….nau’dzubilah!!!

  28. jangan-jangan mau nyamain yesus yang bisa digambar, ya enggaklah…..

  29. jangan mudah percaya sama gambar yang belum jelas tentang nabi kita, baginda rosul muhammad..

  30. Woi..Woi udah jgn pada sensi begitu, oke gw ngaku deh klo itu foto eyang gw wkt muda dulu

  31. maca. sih?. jangan asalan doang. orang sekrang juga bisa melukis seperti itu kok.

  32. istigfar lah setelah melihat gambar gila itu
    karena Nabi Muhammad SAW gak akan memperlihatkan bagian dari tubuhnya karena telah dijelaskan bahwa dia malu saat terlihat kakinya oleh sahabat disaat memperbaiki ka’ba
    apalagi memperlihatkan bahunya….

  33. kalu aku g jadi masalah….!!!!! kalau salah pasti ada kebenaranya kan….?????!!!!!!!!!!!! tapi kalau benar alhmdll………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  34. tapi untuk orang-orang yang ingin memecah belah islam seperti peristiwa gadir khum, dan peristiwa karbala………. mending loe..loe… pada bunu diri aja……… g ada gunanya untuk hidup kalu cuma mendukung para pembunuh dan penghianat islam……………………….. dasar laknat loe..loe…yang ngedukung muawiyah, sahabat,temen-temanya yang ikut membantu menghancurkan islam sampai hari ini…………………… peeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnjaaaaaaaaaaaahaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttttttt

  35. Kepada yth. orang-orang yang tersesat dr jln Allah Kiamat sudah dekat cepetan kawin wassalam

  36. Itu fitnah, Gua aja yang ahli ibadah ga tau, apalagi amerika, BANGSAAAAAAAAAT LU!!!!!!!!!!!

  37. gak mungkin lah itu fotonabi
    nabi kita jauh jauh hari udah dilindungi ALLAH

  38. Larangan menggambar/memahat Rasulullah agar kita tidak terjebak pada materialisme dan pengkultusan. Kita teladani Rasulullah, jangan terlalu mempermasalahkannya secara fisik. Nanti kaya ke Yesus atau ke celebritis. Akhirnya jadi racun. Gitu, makasih…!

    • ngapain ngurus, cuman gambar aja kok emang muhamad angin atau asap, yaa manusia juga kan, cuman dia seorang nabi, toh dulu orang sama2 tdk tau sejarah dimana cuman tau dibuku cerita aja, dasar2 manusia lemah

    • egh, jdi kmu mw menghina kami,,,, yg percaya kpda yesus,,,,,,,, Gila loe yach!!!!

  39. 1. Mula2 keluarin gambar
    2. Mulai muncul tanggapan2.
    3. Musuh2 itu mulai kalkulasi dan memi
    kirkan cara lain buat rusak umat islam
    dengan biaya murah.
    4. perhatikan, nanti ada yang setuju, atau
    ngambangin kasus ini
    5. Atas nama ilmu pengetahuan, tesis,dan
    hak asasi manusia, dipaksakan terus
    pendapat kafir tsb.
    6. Mulailah mereka cari pembenaran.

    teman2ku, begitulah gaya dan cara mere
    ka , dengan fitnah, dan tanpa biaya besar
    mereka ingin merusak kita.
    Semoga Allah menguatkan kita dari fitnah
    dan menghancurkan mereka sehancur hancurnya.

  40. hey itu bkn foto nabi kami….!!!!!!!!!!!
    jadi jangan coba-coba untuk bilang klo itu foto nabi kami……
    KLO KALIAN TIDAK INGIN CEPAT MELIHAT MUNGKAR-NAKIR…!!!!!
    CAMKAN ITU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  41. untuk orang2 yang berkomentar tentang rasulullah dan menganggap foto itu benar berartiorang2 itu sudah disiapkan ALLAH untuk masuk neraka. perlu pada tahu dunia mau kiamat..syetan lembur..makanya diciptakan macam2 karangan yang ngak jelas tentang Nabi Muhammad, yang ngak sadar yach temennya syetan..selamat aja dech…

  42. itu hanya rekayasa orang-orang kafir, untuk memecah belah umat Islam. bersatulah wahai kaum muslimun!!!!!!!!!

  43. Yuliz Ulay Husain

    yang penting sesama islam kita harus tetap bersatu… semua itu mungkin hanya rekayasa orang yang mau mecahkan islam…
    allahu akbar….

  44. Sorga itu kita Tau setelah kita ada di hari Penghakiman.Jadi hati2 dengan Mulut,,yang bisa menjadi harimau bgi diri sendiri.Mau apa kata orang orang jika kita Hidup dalam kebenaran dan Kasih itu yang di inginkan Sang Pencipta.Nafsu adalah Penahanan diri atas apapun yang datang dari Luar diri kita yang dapat menjerumuskan kita kehal-hal yang Tidak Baik. Kesiapan kita menghadapi tantangan yang tidak baik.Berbahagialah Orang yang bisa Menahan dirinya,dari Nafsu Duniawi,,.

  45. amric DANCUX dasar keturunan anjing g usah mikir gambar rosul pikir aj ttg NERAKA JAHANAM

  46. ario-jipank gangster

    ngapusi tok!!!!!!…doso ne kw gede ne pok yakin!!!!!!…..sisan bae foto ne malaikat jibril di pasang!!!!!!!….dasar tukang bacot!!!!!!!

  47. Heran aku orang kafir nich macam 2 aja,padahal kaum muslim tidak pernah menjelek jelekan,kenapa sih ga mempertanyakan kitab perjanjian lama dan baru yang nyata bangetada perbedaannya,masak Tuhan koq me revisi kitabnya…aneh,tu Foto aslinya foto pendiri negara Amerika / USA(Usil Sekali Amerika),cuma malu ngakui aja.

  48. dalam hal ini kita menyikapi nya dengan akal sehat saja … jangan pula sok mengaku ahli ibadah lah atau apa lah dan belum tentu amal baik kita tuh di terima oleh allah. mungkin memang di iran seperti yg di tulis diatas beredar lukisan yg menggambarkan nabi muhammad sudah terjadi sejak ratusan tahun yg lalu itu anggap saja itu versi nya orang iran , dan kita sebagai orang muslim yg beriman jangan lah menyikapi nya dengan hal yg bertentangan dgn ajaran agama kita

  49. ya allah…. itu bukan fto rasullulah….
    jgn samakan nabi kita dengan tuhan yesus yg bisa dipahat,yg bisa telanjang,yg bisa digambAr,yg bisa diserupain,yg seperti setan,ini fitnah,siap2 anda yg menyakini ini fto nabi,4jj sudah siapkan neraka jahanam buat anda2 yg setuju gambr ini adalh gmbr nbi…..

  50. ssssssssssst…..
    udaaaah jgn pd ribuut!!
    kita2 yg beriman kpd allah swt pasti udah tau jawabannya…..
    pd intinya nabi muhammad gak mw dilukis atw dibuat patungnya,karna nabi tdk mw umatnya menyembah dirinya….

  51. karya yg bagus…!!! tp jgn nodai keyakinan kami dgn hal2 yg tdk jelas asal usulnya.

  52. Haram hkumnya … menggambarkan fisik secara langsung nabi palagi keliatan bagian auratnya ( bahu ) koyok yesus ae ..Dsar buat sensasi doank yang berimbas pada komersil ….

  53. Dasar Anjing Neraka Tukang ngarang…….ngabul….corot…. tp nek tak delok2 koyok ft e mbah ku…..he..he

  54. Haram hukumnya …..menggambarkan secara fisik Nabi palagi keliatan bagian auratnya ( bahu) …hanya sensasi aj yang berimbas pada komersil….

  55. wah sesat tuh….
    “Tidak ada gambar Nabi Muhammad. Semua ulama sudah sepakat bahwa itu tidak benar,”

  56. jangan percaya sama setan yg menjelma dalam lukisan..!!hati2 setan tambah pintar…!!

  57. huhu

    kaget kaget kaget banget

    huhu tuh kan orang kafir dah ke telalu an

    so hayu urang buktikeun

    islam teh kuat

    urang intropeksi diri we u

  58. huhu

    kaget

    kaget

    kaget

    banget cih

    dunia sudah mengila

    buat orang muslim matak na gera saradar

  59. Siapa yang bisa melukis nabi Muhammad berati melukis nasibnya di neraka

  60. Saudaraku sesama muslim yang seperti ini gak usah dipikirin makin kita bereaksi mereka (orang – orang kafir ) makin senang melihatnya.
    Dan akhirnya mereka berkata rasain lu gua kerjain
    Yang penting sesama umat Islam kita harus bersatu

    Salam hangat selalu

  61. NABI PERNAH BERSABDA KLO BELIAU GAK MAU DI BUATKAN GAMBAR ATAUPUN PATUNG KARNA BELIAU TIDAK MAU UMATNYA MENYEMBAH BELIAU OLEH KARNA ITU SEJAK ABAD KE 15 GAMBAR BELIAU UDAH GAK ADA LAGI

  62. Hati-hati ini siasat dari kelompok yang mau memecah belah umat Islam.

    Allahu Akbar

  63. boong banget lo,tukang tipu as

  64. …ga percaya aku. nabi kita tuh ga ada yg bisa nggambarin. foto aja blm ada jaman itu. kalo hasil dari penggambaran saja pastiiiiiimuke loo jauh

  65. siapa yg bikin gambar ini sih? sinting bukan lu jing?
    yg bikin gambar ini suruh ke rumah gw aja deh, suruh buktiin kebenarannya! kalo ga gw ajak sparing partner! amric ANJING emang!

  66. wey bagi mereka yang percaya itu adalah fto nabi kta sip2lah ngerasain panasnya API NERAKA

  67. that all bull shiiittt….!!!!!

  68. Wagu banget…………..mau direkayasa spt apa jg bisa.Tanpa gambar aktual nggak masalah yg penting ajarannya.

  69. ya allah…
    jd parah but llo…
    llo ajj blum pd lahir..
    mna tau lo..?|

    we ajj orng muslim islam ga tau bntuk’a app lg llo non islam..?
    so jngan sotau…
    mw ngancurin islamm llo..?
    ntar umatt isslam ga bssa blles v allah mha penguasa…
    smua’a akan jtuh amm llo…
    di AZAB llo…

  70. KITA BOLEH MENCERCA, DAN JANGAN SOK ALIM TP KITA SERTA NYALAHIN NEGARA LAIN, KITA SEBAGAI UMAT BERAGAMA PERBANYAK AJA SHOLAT DAN KUATKAN IMAN KITA OKE… dasar orang2 dengki

  71. ah….ada ada saja tingkah orang ini……….
    bukankah lebih baik,lebih bijaksana dan sangat lebih bermanfaat di dalami saja ajaran beliau sampai relung ajaran terdalam,agar ketemu pada SANG KHOLIK,agar hidup ini tak sia sia alias muspro,karna kesempatan hanya satu kali ini…disaat nyawa masih “MAU”bersemayam dalam diri….INGATLAH…….MASIH ADA ALAM KUBUR ,JEMBATAN SHIROT,TIMBANGAN MIZAN,PADANG MAHSYAR…YANG AKAN KITA LALUI……TEBARLAH KASIH PADA SEGENAP ALAM.

  72. gambar nabi muhammad tidak ada yang mengadakan adalah orang yang ingin islam hancur

  73. yang nggambar tuh orang gila ……………….

  74. bullshit pendustaan!!!!!

  75. dasar….! pelukis numpang tenar, ngaco aja loe, yg pnya wajah asli marah ntar,loe pasti masuk neraka yg paling dasar.

  76. haram…kta pak ustadz…

  77. masyaa allah sunguh terkutuk org yg buat foto nabi muhammad saw. neraka tempatnya.

    jangan menghina rosul,, massya alaah.. sumpah ku marah banget ma org tersebut yg telah membuat foto tersebut syetan aja gak bisa menyamar wajah rosul allah muhammad saw,, apa lagi org terkutuk kyk org yg membuat foto nabi muhammad saw,, yaa allah ampuni dosanya beri dia petunjukmu.. dan kembalikan ke jalan yg benar., Amin..

  78. jangan percaya dengan gambar itu fitnah yg keji

  79. capcay dweh??????????

  80. dasar BAJINGAN yg bisa2nya bikin gambar NABI.
    memang ulah kafir itu.
    SETAN aja mau nurunin anak di amerika aja takut.
    sebab tu setan udah rusak duluan gara2 di amrik.
    makanya dia pikir jgn sampe anaknya lebih bejad dari setan2 jadul.
    tu yg bikin gambar di doakan aja. MUGO-MUGO CEPET DI PUNDUT SING KUOSO.

  81. ALLAHUAKBAR……..

  82. anjing2 yahudi-nasrani terlalu berani menentang agama Allah Swt ….

    mereka hanya ingin memecah belah umat Islam .. tapi syang umat Islam begitu kuat.
    jd mereka trus2an berusaha ingin menghancurkan, dgn cara mnyebar poto2 gag bermutu sperti itu …

    ISLAM akan tetep kuat walopun kalian semua (Yahudi-Nasrani) menebar fitnah apa pun!! Allahuakbar !!!

  83. Alhamdulilah dari semua koment diatas gak ada yang percaya dengan hal itu…semoga kita semua di selamatkan dari kejahatan dajal yang mau merusak umat islam…….semoga kita semua dalam lindungan Allah… Swt….* orang kafir mendapat neraka jahanam…

  84. G bgt deh!Masa’ ky gt foto nabi muhammad saw?Ke laut j loe DAJJAL!

  85. Jangan ampe terhasut tuh ama yg gituan ….. biasa nyari sensasi tuh ……

  86. massa alloh………… itu mah foto na Tukang kebun wa, tauw,,,,,,,,,,,,,,,,, !

    dasar qelo sia ikh !
    sape tu Lenhert”
    GO TO HELL lah eui !

    wa percya Rasulullah 1Trilyn X Lipat
    LEBIH n LEBIH Menawan dr tu gambar tukang kebun wa !

    allahuakbar !
    ^,^

  87. orang muslim yang percaya ama gambar ini, berarti dia muslim KTP. bodoh…..?????????
    nabi Muhammad gak bisa di gambarkan…karena dia terlalu sempurna untuk di imajinasikan…jangankan di lukis…di bayangin aja gak bisa……..dasar dajjal udah turun nich

  88. anjing juga kalau bisa ngomong pasti bakal ngomong kalau kamu anjing

  89. aslm.
    orang yang membuat gambar nabi muhammad adalah orang kafir yang tempatnya di nraka jahanam

  90. kalau mau bertemu denganNabi Muhamad SAW tingkat kanlah ibadah mu.jangan ngasallllllllllllll

  91. wahai kaum muslimin yg ad duniA ………….!
    gambar ni JgAn dI pRcayA KLAU PERCAYA iMAN KMu BRaRTi masIH LeMAH…….

    ni adaLAh uLAH oRaNg”yahuDi …
    yg INgin menghacuRkan ISLAM Yg ad di dunia INI..
    knp ya yg gmbR bsa tau kLaw itu nabi muhamad sedangkaN CUCU-CUCUNya g ad yg tau wujud aslinya dia……….?

    ane haRAP ANtuM-ANtuM jgN PrCYA. NI BKan gmbr NABI MUHAMMAD……..
    KLW imanya ente kuat ente psty tag prcaya…..

  92. tidak dibolehkan nabi muhammad di gambar, di kuatirkan gambarnya di puja-puja, lama-lama dijadikan sembahan dan kemungkina lebih jauh akan dijadikan tuhan. Bagi umat muslim hanya ada satu tuhan yaitu Allah SWT. Semoga iman kita semua jangan sampai goyah.

  93. masay allah…agama islam terkena cobaan lg m amerika????
    smga z amerika terkena AZABny!!!!

  94. hay orang-orang kapir ,anda ingin melihat sosok baginda nabi muhamad SAW.
    saratnya anda harus mengucap du,a kalimat sahadat.
    insaallah kita betemu di sorga.
    nanti kita bisa melihat sosok nabi muhamad SAW. janganlah kita menjadi manusia sok tahu,itu semua adalah rahasia ALLAH.
    kalau anda bisa melihat udara ( angin kentut ) kami siap menjadi pengikut mu.

  95. MusRik PerCaYa gambar PorNo yg beredar Itu..

  96. Jgn cemaRi nama baik nabi muhamad saw..
    DasaR kafiR:itU sbnrnya ftox tmN maeN KeleReng kakeK gW.Knp loe pjg2!!kakek gW nyariin tUh,trnyata ftox ada d loe!!dasaR bangsattttt…

  97. ah g prcaya bt dweh ngarang tu orang

  98. whats on??? untuk bermimpi bertemu dengan Nabi sangat susah sulit sekali !!!! palg ini ada fotonyaaa??? terbayang DI PELUPUK MATA pun tidak sanggup,,hanya terserap dalam hati dan membaca shalawat….////// itu adalah tipu muslihat orang kafir !!!!

  99. nabi muhammad adalah kemuliaan manusia………, kesempurnaan sebagai ciptaan allah, bahkan allah menyebut nya sebagai kekasih nya.., maha besar allah… wahai saudara ku moeslim jgn lah engkau terbujuk oleh godaan setan yg terkutuk…., tiada TUHAN selain ALLAh, dan MUHAMMAD adlh utusan ALLAH…. allah maha pengampun maka kita doa kan mudah mudahan mereka yg masih tersesat hatinya di berikan jln yg lurus.. hingga mereka bisa merasakan betapa indah nya sebagai seorang moeslim/islam…. bercermain lah apakah kita sudah menjadi yg terbaik bagi diri kita sendiri.. im moeslim and you???

  100. ari maneh islam lain b log tong sok nyanyahoanan sia teh der nabi urang dic ipta cipta kulukisan pan ceuk keterangan ge jiga cahaya piraku maneh bisa ngabayang keun kawalat siah anu ngaberitakeunna goblog ……!!!!!!

  101. dari beberapa komentar sayapun me nyimpulkan bahwa lukisan itu benar apa adanya tapi kan lebih belegub jika kamu mempercayai gambar tersebut diatas ……..!!!!!manehmah teu boga mata pisan …euy…!!!

  102. Siapa pun yg melakukan dosa pelukisan Rasulullah saw tercinta,semoga dimaafkan dan diberi petunjuk k jalan yg benar.

  103. amrik… nyari sensasi aje lu,, gila yuah skalian aja fto gmbel senayan smain ma tuhan lo lo pade

  104. SAUDARAKU SEMUA DI FORUM INI JANGAN TERBAKAR EMOSI… FOTO DAN LUKISAN DI ATAS JELAS BUKAN FOTO NABI MUHAMAD, MANA ADA PHOTO PADA TAHUN 500 -AN ?, DAN LUKISAN DI IRAN DI ATAS ADALAH MENIRU FOTO TERSEBUT !, SUDAHLAH TIDAK USAH TERBAKAR AMARAH, SUDAH JELAS ITU FOTO DIBUAT Radolf Franz Lehnert (1878-1948) DAN DIFOTO TAHUN 1904, DENGAN MODEL REMAJA TUNISIA, JELAS BUKAN NABI MUHAMAD, JELASKAN….. SABAR SAUDARAKU SEMUA.

  105. ngawor kabeh kuwi foto q lo jah.aq y ra percoyo…….. atu jan asu amerika

  106. jo macem2 sampean.N kusus cew nya piye foto q gnteng gk? hihihi……

  107. hai org2 yang beriman jgnlah menghina mahluk ciptaan Tuhan didunia ini….tidak ada didunia ini yang kafir….yang spt itu hanyalah orang2 yang tidak tau tentang makna agama yang sbenarnya

  108. ganteng juga ya.. pantesan istri nya banyak,,

  109. Allohuakbar….. segeralah anda bertobat sebelum azal memanggil {Yang melukis wajah nabi} Terkutuk kau…. Allohuakbar…..

  110. BUat lhu PECINTA KEBENARAN {diatas}
    LHU pasti orng kafir yang mau ngerusak nama baik rasul kita{NABI Muahamad}. Dasar KAFIR .. PERGI kAU K NERAKA…/……

  111. dasar wong aneh….
    cah geblek…
    wong sinting…
    wong semeraut…
    wong edan…
    kerenan gambar gw..dari pada gambar lo….
    amerika sotoy…

  112. Semua belum terbukti, jangan mudah percaya.

  113. itu namanya menghina islam !#$%45^54$!

  114. cakep sech.. tapi.. knp lebih mirip lukisan monalisa yach…ga mungkin banget itu nabi muhammad.. eling euy…..

  115. Pencari Kebenara: yap Emang benar nabi MUHAMMAD itu manusia,, tapi bukan berati wujud nya seperti itu,,,,,, dah lo banyak2 baca al-quran deh,,, JANGAN SOK TAU,,,, KERJAAN ORANG KAFIR SIALAN ITU,

  116. Mau bnr atau nggak itu sich terserah lah… yang jelas klw hal2 yang sprti itu tuh gak akan bisa merubah ke cinta an aku terhadap nabi Muhammad SAW…
    karena sampai kapanpun dia tetap manjadi idola gw dan tauladan bwt diri gw….
    tetap teguh dengan keyakinan sendiri….

  117. mukeloh jauh masa item gitu

  118. Yg ngelukis gila!!
    Crazy!

  119. Waahhhhhh..pengen perang salib nih…..ikutan
    Allahu Akbar

  120. logikanya, itu kan foto, bukan gambar lukisan….

    logikanya, emang zaman Nabi saw udah ada kamera perekam atau foto?

    yaaahhh… kasian mau coba pecah belah kami ya, dengan informasi seperti ini. Amerika n Zionist beraninya menyerang orang lebih dulu dengan informasi sejenis seperti ini. baru serang dari luar setelah kami semua menjadi sempalan kecil2.

    btw, Nabi kami memiliki cahaya, tidak seperti diphoto ini.

  121. Bangsaaaaaat……
    Tiada Pernah rela…….Aku untuk orang-orang yang berani menggambarkan wajah Nabi Kami Muhammad SAW…..
    jangan percaya saudara ku……
    ini usaha orang kafir meruntuhkan islam

  122. n_viersya@yahoo.co.id

    anak kalimantan berbicara…………
    gambar nabinya rada porno, masak pakai buka bahu segala. trus style nya kayak banci kaleng yang ada di kampung gua miriiiiiiip banget ! trus pake bunga melati lagi, emang di arab ada bunga melati apa ? kurma aja payah payah mau tumbuh apalagi melati. ketimbang ribut-ribut mikirin wajah nabi, lebih baik kita ributin masalah lumpur lapindo yang tak kunjung selesai. salam teraklhir untuk amerika…………………. monyet lo
    !

  123. Ah…kobe.
    Fuck U to Amerika.

  124. ass…
    sekalipun nabi muhammad adalah utusan ALLAH SWT, nabi tetaplah seorang manusia, manusia yg memiliki fisik termasuk memiliki raut wajah, kita tidak tau lukisan itu bener/tidak..yg pasti manusia beleh berusaha mencari rasa penasaran..asal tidak hal negatif dan bisa jadi pada zaman nabi tsb ada seorang pelukis?..wajah ilmuan yg lampau pun kita bisa tahu melalui poto/lukisan..

  125. dasar org amerika jahanam nih…lukis poster sembarang aja

  126. masah mukax nabi begitu kakak dia pernah liat nabi saja kah….dasar pelukus jahan iblis peraman pergi ramal tai sana kah……

  127. gmw coment2 apa deh..
    cm ALLAH aja yg tau,bener apa g nya..

  128. iya dari dulu setan/iblis selalu ingin menyesatkan manusia…….jangan percaya dengan gambar tersebut…itu hanya allah yang tahu begitu juga hal para nabi sebelumnya tak ada yang tahu wajah2nya…ok bro

  129. Sesungguhnya Orang-orang kafir dan iblis itu musuh yang nyata bagi umat muslim…

  130. Apapun gambar Itu ,benar Atau Tidak Terserah pendapat masing – masing.Rasullah Habibika MUHAMAD SAW adalah Mahluk Manusia Ciptaan ALLAH SWT.Apapun pendapat Orang baik Moslem dan Non-moslim Itu Masalah Pribadi.Jangan Menghujat dan Merasa Paling Benar.Itu Hak Manusia.Kita pribadi adalah Pribadi Kita..Yang Menghormati dan Berterimakasih Pada Rasullah SAW Bahwa kita Mengenal ALLAH SWT Karenanya.Bersyukurlah Bahwa Kita MOSLEM dan PUNYA ALLAH.
    Foto itu mau benar ataupun Tidak Bukan masalah.Yang Penting Kita Tidak Menyembah MUHAMAD SAW.Tapi Berterimakasih dan Mendoakan Serta Bershalawat untuk Beliau,Kita wajib Menghargai dan Menjalani semua ajarannya tanpa Kompromi.Aturan Nilai Hidup Moslem atas Yang dilakukannya Perjuangannya Untuk Kita mengenal ALLAH SWT.Terimakasih NABI MUHAMAD SAW !!!! ALLAHU AKBAR !Life in Piece .Culture and Religion Is Diffrent!

  131. kurang ajar amerika

  132. Gua yakin Muhammad Rasulullah masih lebih tampan dr gambar diatas

  133. kita tak boleh lukis gambar nabi muhammad tiada siapa yang boleh menyerupainya masyaallah berdosa besar tau

  134. ya namanya aja foto ya kita ndak tau
    entah betul apa ndak itu gak ngaruh
    yng penting bukan fotonya

    tapi keimanan kita

  135. klo asalnya dari pendeta yg waktu ketemu sama nabi gak mungkin ,,,,,,,,kyk nya tu pendeta buta,,,,,, sulit tuk di percaya

  136. NABI ITU GAIB………….? BISA GILA ENTE………….? ASSALAMUALAIKUM…………?

  137. Wak kak kak kak kak kak kak …. Ngarang aja….. Bocah banci begitu moso’ disamaain dengan Rasulullah SAW…. Orang kafir amatir…Walaupun di dunia ini dikumpulkan sejuta maestro untuk menggambar wajah Nabi Muhammad… gak akan ada yang berhasil…. Sampai gila juga gak bakalan bisa… Silakan aja coba… Kalo jadi gila jangan salahin gw ya… wak kak kak kak kak kak ….

  138. buat pencari kebenaran…;
    sesuatu yg ada dn memiliki wujut tx selamaya bsa dgambar.. sekalipun bisa
    itupun tidak boleh karena saya selaku pencinta,pengagum beliau.. sangat tidak setuja dengan gambar tersebut..
    allahuma sholi ala muhamad..3x

  139. ALLAH SWT kan memang mau menguji iman kita . bayangkan kita tdk pernah melihat wajah nabi tapi betapa kita mencintainya dg mengikuti ajarannya. kita tdk usah perhatikan koment dari para orang kavir tentang tabunya gambar wajah muhammad karn itu semua kan jelas alasannya. apa akibatnya seandainya wajah muhammad dilukis pastikan banyak orang yg salah paham,bisa2 di sembah. YAKIN SAJA BAHWA HIDUP INI,. AGAMA ISLAM INI ADALAH MANIFESTASI TUHAN DAN INI ADALAH RAHASIA .Seandainya bukan rahasia maka apa artinya kita di ciptakan ,alam ini di ciptakan. kita ini seperti berada dalam satu alur cerita film dimana segala sesuatunya baik cerita ,dialog dsb sudah ditentukan oleh sutradara, tinggal kita hanya mengikuti dan menjalani alur ceritanya. dan berakhir pada ahir cerita film itu sendiri. ITULAH HIDUP DIMANA DI DALAMNYA ITU ADA RAHASIA,APA ARTINYA KITA DI BERI GELAR MAHKLUK YG PALING SEMPURNA KALAU TDK BISA BERPIKIR .

  140. Dialog Rosullulloh SAW dengan laknatullah
    - Allah SWT telah memerintahkan seorang Malaikat menemui Iblis supaya dia mendatangi Rasulullah SAW untuk memberitahu segala rahasianya; tentang hal – hal yang disukai maupun dibencinya. Maksudnyanya ialah untuk meninggikan derajat Nabi Muhammad SAW dan juga sebagai peringatan dan perisai kepada umat manusia.

    Maka Malaikat itu pun berjumpa Iblis dan berkata, “Hai Iblis! Allah Yang Maha Mulia dan Maha Besar menyuruh engkau menghadap Rasullullah SAW. Hendaklah engkau buka segala rahasia engkau dan apa-apa yang ditanyakan oleh Rasulullah hendaklah engkau jawab dengan sebenar-benarnya. Jikalau engkau berdusta walau satu perkataan pun, niscaya akan diputuskan semua bagian anggota badanmu, uratmu serta disiksa dengan azab yang amat keras.”

    Demi mendengar kata Malaikat yang dahsyat itu, Iblis sangat ketakutan. Maka segeralah dia menghadap Rasulullah SAW dengan menyamar sebagai seorang tua yang buta sebelah matanya dan berjanggut putih 10 helai; panjangnya seperti ekor lembu. Iblis pun memberi salam, sehingga 3 kali tidak juga dijawab oleh Rasulullah SAW.

    Maka sembah Iblis (laknatullah), “Ya Rasulullah! Mengapa tuan tidak menjawab salam hamba? Bukankah salam itu sangat mulia di sisi Allah?”

    Maka jawab Nabi dengan marah, “Hai Aduwullah seteru Allah! Kepada aku engkau menunjuk baikmu? Jangan engkau mencoba menipu aku sebagaimana engkau menipu Nabi Adam a.s sehingga keluar dari syurga, Habil mati teraniaya dibunuh Qabil disebabkan hasutanmu, Nabi Ayub kau tiup dengan asap racun pada saat ia sedang sujud hingga dia sengsara beberapa lama, kisah Nabi Daud dengan perempuan Urya, Nabi Sulaiman meninggalkan kerajaannya karena engkau menyamar sebagai isterinya dan begitu juga beberapa Nabi dan pendeta yang telah menanggung sengsara akibat hasutanmu. Hai Iblis! Sebenarnya salam itu sangat mulia di sisi Allah azza wajalla, cuma salammu saja yan tidak aku jawab karena diharamkan Allah. Maka aku kenal baik-baik engkaulah Iblis, raja segala iblis, syaitan dan jin yang menyamar diri. Apa maumu hingga menemui aku?”

    Sembah Iblis, “Ya Nabi Allah! Janganlah tuan marah. karena tuan adalah Khatamul Anbiya maka tuan dapat mengenali hamba. Kedatangan hamba adalah disuruh Allah untuk memberitahu segala tipu daya hamba terhadap umat tuan dari zaman Nabi Adam hingga akhir zaman. Ya Nabi Allah! Setiap apa yang tuan tanyakan akan hamba terangkan satu persatu dengan sebenarnya, tak satupun hamba berani menyembunyikannya.”

    Maka Iblis pun bersumpah menyebut nama Allah dan berkata, “Ya Rasulullah! Sekiranya hamba berdusta barang sepatah pun niscaya hancur leburlah badan hamba menjadi abu.”

    Setelah mendengar sumpah Iblis itu, Nabi pun tersenyum dan berkata dalam hatinya, inilah satu peluang untuk menyiasati segala perbuatannya agar didengar oleh sekalian sahabat yang ada di majlis ini dan menjadi perisai kepada sekalian umatku.

    Pertanyaan Nabi (1): “Hai Iblis! Siapakah musuh engkau yang paling besar dan bagaimana aku terhadap engkau?” Jawab Iblis: “Ya Nabi Allah! Tuanlah musuh hamba yang paling besar di antara segala musuh hamba di muka bumi ini.”

    Maka Nabi pun memandang muka Iblis, dan Iblis pun mengeletar karena ketakutan. Sambung Iblis, “Ya Khatamul Anbiya! Ada pun hamba dapat merupakan diri hamba seperti sekalian manusia, binatang dan lain-lain hingga rupa dan suara punsama seperti aslinya, kecuali hanya diri tuan yang tidak dapat hamba tiru karena dicegah oleh Allah. Seandainya hamba menyerupai diri tuan, maka terbakarlah diri hamba menjadi abu. Hamba cabut itikad anak Adam supaya menjadi kafir karena tuan berusaha memberi nasihat dan pengajaran supaya mereka kuat untuk memeluk agama Islam; begitu jugalah hamba berusaha menarik mereka kepada kafir, murtad atau munafik. Hamba akan tarik sekalian umat Islam dari jalan benar kepada jalan yang salah supaya masuk ke dalam neraka dan kekal di dalamnya bersama hamba.”

    Pertanyaan Nabi (2):

    “Hai Iblis! Bagaimana perbuatanmu terhadap makhluk Allah?” Jawab Iblis: “Adalah satu kemajuan bagi perempuan yang merenggangkan kedua pahanya kepada lelaki yang bukan suaminya, setengahnya hingga mengeluarkan benih yang bukan pada tempatnya. Hamba goda segala manusia supaya meninggalkan sembahyang, suka dengan makan minum, berbuat durhaka, hamba lalaikan dengan harta benda seperti emas, perak dan permata, rumahnya, tanahnya, ladangnya supaya hasilnya dibelanjakan ke jalan haram. Demikian juga ketika tamasya yang bercampur lelaki perempuan. Di situ hamba lepaskan sebesar-besar godaan supaya hilang rasa malu dan minum arak. Apabila terminum arak itu maka hilanglah akal, fikiran dan malunya. Lalu hamba hulurkan tali cinta dan terbukalah beberapa pintu maksiat yang besar, datang perasaan hasad dengki hingga kepada pekerjaan zina. Apabila terjadi kasih antara mereka, terpaksalah mereka mencari uang hingga menjadi penipu, peminjam dan pencuri. Apabila mereka teringat akan salah mereka lalu hendak bertaubat atau amal ibadat, hamba akan tahan mereka supaya mereka menangguhkannya. Bertambah keras hamba goda supaya menambahkan maksiat dan mengambil isteri orang. Bila kena goda hatinya, datanglah rasa ria, takabur, megah, sombong dan menyia – nyiakan amalnya. Bila pada lidahnya, mereka akan gemar berdusta, mencela dan mengumpat. Demikianlah hamba goda mereka setiap saat.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s